21.30
0

 Menurut Buku Penelusuran Literatur yang ditulis oleh Jusni Djatin, dra.Apth, (49:1996, UT Jakarta),Membuat ensiklopedi adalah untuk mengumpulkan secara bersama-sama semua pengetahuan manusia menjadi satu, ensiklopedi itu sendiri ditulis untuk pembaca dengan tingkat pengetahuan yang berbeda-beda. katagori ensiklopedi ditulis menurut kepentingan pendidikan orang dewasa, masyarakat umum dan didesain untuk
remaja serta anak-anak. 
Jenis bacaannya ensiklopedi merupakan bahan rujukan yang menyajikan informasi secara mendasar namun lengkap mengenai berbagai bidang atau cabang ilmu pengetahuan, Dan biasanya entry ensiklopedi tersusun menurut abjad yang terdiri dari subject dari beberapa indeks atau pedoman. 

Ensiklopedi terdiri dari beberapa jenis antara lain : 
  • Ensiklopedi umum / nasional : Seperti Ensiklopedi Indonesia dan Encyclopedia Americana.
  • Ensiklopedi khusus/subject : Seperti Ensiklopedi Manajemen
Penyusunan Ensiklopedi tersusun menurut kerangka tulisan yang bertajuk :
  1. Pengorganisasian dari materi, artinya materi isinya sempit, luas, memuat artikel yang panjang atau bersifat umum.
  2. Penyusunannya, Disusun berdasarkan abjad huruf per huruf atau kata perkata.
  3. Jenis indeks, apakah indeks secara rinci akan menunjukkan ke bidang sangat sempit dalam artikel yang panjang?, dan indeks untuk setiap volume atau satu indeks untuk semua.
  4. Jenis alat bantu untuk pembaca, menunjukkan adanya cara pengucapan dengan sistem yang diikutinya, memiliki referensi silang, menjelaskan singkatan dan simbol-simbol yang digunakan.
Contoh-contoh Ensiklopedi :

Terbitan Dalam Negeri : 

ENSIKLOPEDI
EKONOMI, BISNIS,
& MANAJEMEN

Jilid 1

PT. Cipta Adi Pustaka
Jakarta
1992

ENSIKLOPEDI EKONOMI, BISNIS,
& MANAJEMEN 
JAKARTA :PT. CIPTA ADI PUSTAKA.1992

Ensiklopedi disusun berdasarkan studi kepustakaan, bersumber dari buku teks, buku referensi, maupun kliping koran, majalah, serta edaran dari dalam dan luar negeri. Ensiklopedi ini memuat arti suatu istilah atau konsep secara umum, meliputi bidang pengetahuan ekonomi, bisnis dan manajemen serta tokoh Indonesia yang terkait dengan bidang ini. 
Ensiklopedi ini tersusun dari beberap entri yang diperjelas dengan gambar grafik, bagan atau foto. 
contoh beberapa entri : entry biografi; untuk nama Indonesia dengan membalik nama belakang menjadi nama pertama, TANRI ABENG, Lihat ABENG, TANRI, INDUSTRI ELEKTRONIK, lihat ELEKTRONIK, INDUSTRI. 


ENSIKLOPEDI NASIONAL INDONESIA
JAKARTA:PT. CIPTA ADI PUSTAKA,1991


ENSIKLOPEDI
NASIONAL
INDONESIA



Jilid 10

PT Cipta Adi Pustaka
Jakarta
1990
 Ensiklopedi Nasional Indonesia (ENI) terdiri dari 18 jilid yang dilengkapi dengan indeks.  Gunakanlah ini dulu sebelum melihat entri yang lengkapnya di dalam ENI. Ketentuan cara menggunakan indeks ENI adalah sebagai berikut : 
  • judul indeks dicetak dengan huruf tebal dan disusun berdasarkan abjad, contoh : Abbas [tokoh politik], Undang-undang Dasar 1945 17:22, Abbas A.F. [atlet], Asian Games(Tabel) 2:361. 
  • Untuk mencari nama seseorang, nama famili, nama keluarga atau nama belakang yang digunakan pertama kali, contoh : Abdul Muis lihat Muis, Abdul.
  • judul penunjukan entri yang harus dilihat, Contoh : Ganefo Lihat Games of the New Emerging Forces, Mania [kedokteran], Tranquiler 16:419, Lihat juga Manik-Depresif
  • Judul indeks umumnya diikuti dengan keterangan yang ditulis dalam tanda kurung kotak. Hal ini diperlukan karena seringkali judul indeks yang sama menunjuk pada masalah atau hal yang berbeda, Contoh : Gelatik [burung 6:9], Gelatik [pesawat terbang] Industri Pesawat Terbang Nusantara (Sejarah Perkembangan IPTN) 7 : 145.  


Terbitan Luar Negeri :

VOLUME 21                                            Oporto to Photoenggraving


 
T H E  E N C Y C L O P E D I A

AMERICANA

I N T E R N A T I O N A L   E D I T I N G


COMPLETE IN THIRTY VOLUMES
FIRST PUBLISHED IN 1829




G R O L I E R  I N C O R P O R A T E D 
International Headquarted Danbury. Connecticu 006816


THE ENCYCLOPEDIA AMERICANA
DANBBURY. CONN : GROLIER EDUCATIONAL CORPORATION, 1988. 30 VOLS.


Ensiklopedi ini terdiri dari 30 jilid dengan satu jilid untuk indeks. Ensiklopedi ini memuat artikel mengenai kegiatan ilmiah yang termasuk artikel pendek dari subjek bidang yang sempit, juga artikel yang panjang, dengan cakupan yang luas dan mendalam, juga memberikan cakupan luas dari ilmu pengetahuan dan teknologi; memuat artikel-artikel baru mengenai kedokteran dan kesehatan, politik, lingkungan, kependudukan, termasuk biografi baru; yang dilengkapi dengan banyak ilustrasi dan peta, bibliografi dicantumkan setelah uraian dari suatu artikel.


Rujukan :
  • Penelusuran Literatur, Jusni Djatin, dra, apth, 1996:49-51, Jakarta.