18.48
0


 Sebanyak 541 siswa-siswi SMA Negeri dan Swasta se-Kabupaten Karawang mengikuti Kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2013 yang bertempat di SMA Negeri 3 Karawang. Dari sejumlah siswa tersebut terdiri dari dua pelaksanaan kegiatan program yaitu :
1). Program MIPA (Matemaitka, Fisika, Biologi, Kimia dan ditambah program Komputer);
2). Program IPS (Astronomi, Kebumian, Ekonomi dan Geografi). Berbeda dengan OSN tahun 2012 mata pelajaran yang di seleksi hanya 8 (delapan) mata pelajaran kecuali mata pelajaran Geografi yang tahun ini diikutsertakan dalam kegiatan OSN. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 April 2013.
Acara dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Drs. Asep Supriatna,M.Pd, dalam acara pembukaan tersebut Sekdis memberikan amanatnya bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan uji kompetensi bagi siswa-siswi di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) yang bertujuan  agar siswa-siswi memiliki kemampuan pada bidang mata pelajaran tertentu yaitu berkaitan dengan program MIPA, IT (Komputer) dan IPS. 
Peserta yang diikutsertakan dalam kegiatan ini terdiri dari kelas X dan XI Program IPA dan IPS, yang secara rinci untuk program MIPA yaitu Matematika sebanyak 67 siswa, Fisika 68 siswa, Kimia 67 siswa dan Biologi 68 siswa. Sedangkan pada program IPS yaitu Astronomi 51 siswa, Kebumian 54 siswa, Ekonomi 60 siswa, Komputer 64 siswa dan Geografi 42 siswa.
Sebenarnya jumlah peserta akan lebih banyak apabila dari seluruh sekolah mengikutsertakan siswa-siswi terhadap kegiatan ini, sayangnya dari 19 sekolah negeri dan 19 sekolah swasta, hanya 26 sekolah yang mengirimkan peserta didiknya dalam kegiatan OSN 2013, itupun ada mata pelajaran yang hanya diwakilkan oleh 1 siswa bahkan ada mata pelajaran yang tidak diikuti, padahal jika menurut persyaratan yang sudah ditentukan oleh panitia, bahwa jumlah peserta tiap bidang mata pelajaran baik program MIPA dan IPS harus diwakilkan oleh 3 (tiga) siswa peserta didik. Adapun sekolah peserta yang mengikuti OSN Tahun 2013 adalah sebagai berikut :
SMA Negeri : SMA Negeri 1 Karawang, SMAN 2 Karawang, SMAN 3 Karawang, SMAN 4 Karawang, SMAN 5 Karawang, SMAN 1 Klari, SMAN 1 Telukjambe, SMAN 1 Pangkalan, SMAN 1 Pedes, SMAN 1 Rengasdengklok,  SMAN 1 Cikampek, SMAN 1 Jatisari, SMAN 1 Telagasari, SMAN 1 Tempuran, SMAN 1 Lemahabang, SMAN 1 Cilamaya, SMAN 1 Ciampel dan SMAN 2 Cikampek.
SMA Swasta : SMA Korpri Karawang, SMA PGRI Cikampek, SMA Bhinneka Karawang,  SMA Muhammadiyah Karawang, SMA Budi Mulia Telukjambe, SMA IGN Slamet Riyadi Telukjambe, SMA Yos Sudarso, dan SMA Pamor Cikampek.
Rincian keseluruhan peserta OSN dan Hasil Lengkap Seleksi OSN tingkat Kabupaten Karawang dapat dibuka pada halaman berikutnya, Klik Disini (Bidang Dikmen, April 2013).